Dengan hanya menggunakan air kencing yang notabene adalah “sumber daya yang dihasilkan setiap orang” , gadis-gadis remaja ini mampu mengembangkan sebuah generator yang menghasilkan enam jam daya listrik dari satu liter urin.
Nama-nama para remaja inovatif itu adalah Duro-Aina Adebola, Akindele Abiola, Faleke Oluwatoyin ketiganya masih berumur 14 tahun dan Bello Eniola yang berumur 15 tahun. Para remaja ini masih berumur 14 dan 15 tahun dan sungguh menjadi inspirasi para remaja di dunia untuk mengembangkan sesuatu yang berguna bagi semua orang.
- Air urin/kencing dimasukan dalam electrolytic cell, yang mengekstrak urea menjadi nitrogen, water, dan hidrogen.
- Lalu hydrogen mengalir ke water filter untuk pemurnian/purification, yang kemudian didorong ke silinder gas
- Lalu silinder gas mendorong hidrogen ke silinder cairan borax, yang berfungsi untuk menghilangkan kelembaban/moisture dari dari gas hidrogen
- Gas hidrogen yang telah dimurnikan didorong ke generator.
- 1 Liter urin bisa menghasilkan kurang lebih 6 jam listrik
Sumber: http://www.beritateknologi.com
Kit Sepeda Listrik
Merakit sepeda listrik sendiri sangat sederhana dan dapat diterapkan
pada seluruh jenis sepeda. Yang kita perlukan hanyalah membeli kit untuk
sepeda.
Kit tersebut biasanya terdiri dari bagian-bagian berikut
Kit tersebut biasanya terdiri dari bagian-bagian berikut
1. Motor Penggerak Roda
Ini ada 3 pilihan: di pasang di roda belakang, di roda depan, di kedua
roda. Umumnya orang memilih memasang di salah satu roda. Pemasangan di
roda belakang memberikan daya dorong lebih saat di tanjakan. Juga ada
dua tipe motor berdasarkan cara kerjanya, brushed & brushless. Untuk tipe pertama brushes memiliki
umur pakai sehingga harus diganti, sedang tipe brushless tidak. Makin
besar ukuran watt tentu daya dorong lebih kencang, tapi tentu memerlukan
daya lebih besar juga.
2. Baterai
Ini menjadi sumber daya untuk menggerakkan motor. Volt disesuaikan
dengan spesifikasi motor. Untuk Ampere, makin besar nilainya maka makin
jauh daya jangkaunya. Baterai biasa disimpan dengan menggunakan dudukan
di bagian belakangan, di frame tengah atau paling praktis di
depan stang. Tapi jika baterai cukup berat biasa dipasang di belakang
demi kestabilan keseimbangan. Umumnya kit disertai baterai 12AH yang
mana memberi daya jangkau antara 10 sampai 60 km per satu kali
pengisian.Rumusnya menghitung jarak tempuh = jumlah baterai * ampere baterai * volt baterai / watt motor * kecepatan kendaraan.
Dibedakan dari bentuknya, baterai ada yang berbentuk kotak seperti accu pada umumnya, ada juga yang berbentuk tabung seperti botol minuman
Sedang dari jenisnya, ada baterai LiFePO4, LiPo, Li-On, accu kering & accu basah. Perbedaan LiPo & Li-On adalah pada sisi eletrodanya. Yang satu menggunakan Lithium Ferrous Phosphate, dan lainnya menggunakan Lithium Cobalt Manganese. Keunggulan LiFePO4 adalah baterai dapat dicharge kapan saja, lebih tidak rewel, memiliki umur lebih panjang dan proses charging lebih cepat.
3. Pengatur kecepatan
Alat untuk pengatur kecepatan ini ada 2 macam, yaitu throttle control yg mengatur gas dari stang sepeda atau pedal assist system (PAS) yang mengaktifkan motor lewat kaki. Tetapi umumnya orang memilih kendali lewat throttle control. Juga terdapat sebuah indikator baterai yang dapat dipasang di stang.
Sumber: www.kendaraanlistrik.net